PEMASANGAN TAPPING BOX DI KABUPATEN OKU SELATAN

Muaradua (04/11), Dalam upaya mengoptimalkan  Pendapatan Asli  Daerah (PAD) Kabupaten OKU Selatan sektor Pajak Hotel, Pajak Restoran, dan Pajak Hiburan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten OKU Selatan dengan Bank Sumsel Babel melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Penerimaan Pembayaran Pajak Daerah secara Online, penandatanganan dilakukan di Kantor Bank Sumselbabel Cabang Muaradua hari Rabu, 4 November 2020 pukul 11.35 WIB.

Implementasi perjanjian kerjasama tersebut, Bank Sumselbabel Cabang Muaradua memberikan bantuan 8 (delapan) unit Tapping Box kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melalui Badan Pendapatan Daerah.

Tapping Box merupakan alat yang digunakan untuk memantau transaksi dari suatu tempat usaha secara online, tujuannya untuk mencegah kecurangan, sehingga penerimaan pajak daerah menjadi maksimal. Tapping Box di rumah makan, hotel dan tempat hiburan. Pemasangan Tapping Box bertujuan untuk memantau transaksi uang secara online, sehinga menghindari  terjadinya kebocoran pajak dan dalam upaya untuk mengoptimalkan  pendapatan asli  daerah (PAD) Kabupaten OKU Selatan sektor Pajak Hotel, Pajak Restoran, dan Pajak Hiburan.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Bapak Drs. Linkulin, MM di dampingi oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Operasional Bapak Nurhuda, S.ST, MM beserta para kasubbid dan kepala PT. Bank Sumsel Babel Cabang Muaradua Bapak Arsi Risun memantau langsung pemasangan Tapping Box dalam bentuk MPOS di lokasi Wajib Pajak.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Operasional Bapak Nurhuda, S.ST,MM menjelaskan, bahwa Tapping Box yang di pasang di 8 (Delapan) Wajib Pajak yaitu, di Lesehan DEA, Lesehan Pawaon Jogya, Kafe Rakopa, Pondok Lesehan SS Muaradua, RM Bu Sadar Muaradua, Hotel Samudra Muaradua, Wisma Varita Pusri Danau Ranau, dan waterpark dan Penginapan Ranau Indah. Mekanisme kerja dari MPOS ini kasir tetap meng-input semua menu pesanan pengunjung/pelanggan,  baru setelah pembayaran akan tercetak di struk, sistem akan mengirim data transaksi ke deskboard Bapenda, sehingga bisa diketahui  berapa banyak transaksi yang terjadi setiap harinya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten OKU Selatan, Bapak Drs. Linkulin, MM berharap, pemasangan Tapping Box dapat memaxsimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten OKU Selatan. Semoga dengan di pasangnya alat ini, membuat PAD kita semakin bertambah.